Rabu, 19 FEBRUARI 2025 • 11:09 WIB

4 Kelebihan ‘Kaki-Kaki' Motor Yamaha Aerox Alpha: Stabil dan Lincah di Jalanan

Author

Yamaha Aerox Alpha memiliki empat kelebihan yang membuatnya nyaman saat bermanuver di jalanan.

INDOZONE.ID - Yamaha Aerox Alpha memiliki kelebihan saat melakukan manuver di jalanan. Hal itu berkat adanya sejumlah pembaruan yang ditingkatkan pada motor ini.

Aerox Alpha yang mengusung konsep Super Sport Scooter, hadir dengan berbagai pembaruan yang meningkatkan pengalaman berkendara. 

Motor generasi ketiga Aerox ini, tidak hanya di sektor desain dan fitur, tapi juga pada kaki-kaki yang lebih stabil dan rigid.

Berikut beberapa pembaruan yang membuat Aerox Alpha semakin nyaman untuk bermanuver di jalanan.

Baca Juga: Jajal Aerox Alpha di Jalan Padat Perkotaan: Sporty tapi Lincah

Suspensi Depan Lebih Besar

Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) mengungkapkan, salah satu peningkatan terbesar ada pada suspensi depan. Bagian diameter inner tube ini diperbesar dari 26 mm menjadi 30 mm, sehingga memberikan kestabilan lebih baik saat berkendara.

Suspensi belakang juga mendapat peningkatan dengan rear sub-tank di kedua batang suspensinya, yang membantu meredam guncangan lebih optimal.

Yamaha Aerox Alpha memiliki suspensi yang lebih besar.

Frame Lebih Kuat dan Stabil

Aerox Alpha kini memiliki center tunnel yang lebih tebal, dari sebelumnya 11,7 mm menjadi 20,5 mm.

Selain itu, area pengelasan juga diperbanyak untuk meningkatkan kekuatan struktur.

Baca Juga: 5 Perbandingan Yamaha Aerox Alpha Terbaru vs Yamaha Lexi 155, Mending yang Mana?

Hasilnya, skutik ini menjadi lebih rigid dan stabil, terutama saat melibas tikungan tajam atau jalanan bergelombang.

Indozone pernah melakukan uji coba motor ini di Sirkuit Sentul Karting dan rute jalanan perkotaan dari Cempaka Putih, Jakarta Timur menuju Serpong, Tangerang Selatan.

Kesan pertama saat menggunakan motor ini, desainnya yang kokoh. Selain itu, motor ini masih nyaman ketika melewati jalanan yang rusak.

Ban Lebih Lebar untuk Traksi Maksimal

Stabilitas motor juga didukung oleh penggunaan ban tubeless bertapak lebar.

Bagian depan menggunakan ukuran 110/80-14”, sementara bagian belakang 140/70-14”.

Dengan profil ini, traksi ke permukaan jalan menjadi lebih baik, terutama saat bermanuver atau melaju di kecepatan tinggi.

Posisi Berkendara Sporty

Berbeda dari skutik MAXI lainnya, Aerox Alpha menawarkan posisi berkendara lebih sporty. Motor ini didesain yang membuat pengendara sedikit menunduk dengan kaki lebih ke belakang, mirip dengan posisi berkendara motor sport.

Hal ini memberikan kontrol lebih baik dan meningkatkan kelincahan saat berkendara di jalanan padat.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Amatan, Yamaha Indonesia