Kamis, 26 SEPTEMBER 2024 • 06:20 WIB

Karbu Mio Bermasalah, Jangan Panik Begini Cara Mengatasinya

Author

Ilustrasi karbu mio.

INDOZONE.ID - Halo sahabat otomotif indozone, kali ini kita akan membahas seputar karburator mio yang sering bermasalah. Tentunya yang jadi faktor utama adalah umur dari motor ini.

Bisa dipahami motor mio versi karburator ini awal keluar dan dipasarkan pada tahun 2005. Bayangkan sudah hampir menginjak 2 dekade umur dari motor mio keluaran yamaha ini.

Masalah umum yang sering dialami biasanya seperti motor terasa brebet, tidak langsam, sering nembak dan ngempos.

Jangan panik, indozone akan membagikan beberapa tips cara mengatasi karburator mio yang sering bermasalah.

Tips Karbu Mio Bermasalah dan Cara Mengatasinya

1. Karburator Kotor

Permasalahan pertama adalah karbu mio kotor dan tersumbat. Arti dari kotor ini bukan berarti kotor pada bagian luar karburator, tapi pada bagian dalam.

Baca Juga: 5 Tips Restorasi Yamaha Mio Klasik, Tampil Layaknya Motor Keluaran Terbaru!

Hal ini bisa berdampak motor menjadi brebet atau tersendat pada saat motor mio milikmu dikendarai.

Cara Mengatasi Karburator Mio Kotor

Ilustrasi cleaner lubang karbu mio.

Untuk cara mengatasinya ialah dengan cara melepas/bongkar pada seluruh bagian karburator, lalu semprotkan karburator cleaner pada seluruh lubang-lubang kecil. Setelah itu semprotkan dengan angin kompresor agar seluruh kerak/kotoran terbuang.

Dengan begitu saluran bahan bakar pada karburator kembali bersih, tanpa ada sumbatan kerak dan kotoran.

2. Karburator Susah Langsam

Seringkali bolak-balik bengkel namun penyakit karbu ini gak kunjung sembuh. Efek yang terjadi ketika karbu mio ini susah langsam motor, gas motor jadi besar dan juga susah idle pada saat dipanaskan pada pagi hari.

Hal ini disebabkan karbu mio yang tidak normal, beberapa part kemungkinan ada yang mulai terkikis.

Seperti pada koin karburator terdapat celah, jarum skep yang tidak presisi pada nosel, dan juga setelan pada sekrup penyetelan angin dan gas tidak pas.

Cara Mengatasi Karburator Mio Susah Langsam

Ganti koin pada karburator

Ilustrasi koin karbu mio.

Ini yang menjadi penyebab utama, karena koin sudah terkikis dan tidak presisi pada bagian bodi karbu mio ini (seperti pada gambar).

Tidak presisinya koin karbu mio ini menyebabkan pengkabutan campuran udara dan bahan bakar, menjadi bocor dan tidak menutup sempurna.

Jarum skep tidak presisi

Ilustrasi nosel jarum skep karbu mio.

Cirinya ketika jarum skep ini dimasukan ke lubang nosel, jarum skep tersebut masuk secara keseluruhan sesuai  panjang jarum skep.

Baca Juga: Apa Itu Mio Mirza yang Viral di TikTok, Akunnya Sampai Hilang dan Ini Penyebab Jadi Viral

Ini adalah kondisi yang harus dihindari. Standarnya, jarum skep ini seharusnya hanya masuk setengahnya pada lubang nosel. Solusinya kamu harus ganti dengan yang baru, dengan membeli part kit karbu mio.

Penyetelan karburator tidak pas

Ilustrasi sekrup setting karbu mio.

Setel karbu mio ini melalui skrup penyetelan pada angin. Caranya adalah pada posisi motor hidup, putar skrup searah jarum jam sampai mentok, lalu kembalikan sebanyak tiga setengah putaran.

Masalah karbu Mio sering terjadi, namun perawatan yang tepat, masalah ini dapat dihindari dan tidak perlu panik untuk mengatasinya.

Jika sahabat otomotif Indozone mengalami masalah pada karbu Mio, sebaiknya segera bawa motormu ke bengkel untuk dicek oleh teknisi yang berpengalaman.

Banner Z Creators.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Amatan