Daihatsu Luxio (kiri) dan Daihatsu All New Terios (kanan). (Instagram/@daihatsuind)
Penjualan Mobil Astra Group hingga Triwulan III atau periode Januari-September 2019 menurun. Hal itu terangkum dalam dua entitas bisnis milik PT Astra International Tbk (ASII), yaitu PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) dan PT Astra Daihatsu Motor.
Penurunan itu terjadi pada semua segmen kendaraan niaga maupun kendaraan penumpang.
Tercatat penjualan IAMI secara konsolidasi mengalami penurunan 0,6 persen dari 17.796 pada triwulan III-2018 menjadi 17.697 unit di triwulan III-2019 atau secara year on year.
Sementara untuk penjualan Daihatsu, secara rata-rata industri di segmen kendaraan penumpang terkoreksi 10,7 persen.
Direktur Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia Rahmat Samulo mengatakan, tren penurunan tersebut sejalan dengan penurunan penjualan industri otomotif nasional secara keseluruhan. Hal ini juga diprediksi masih akan berlanjut ke tahun 2020.
"Saya belum melihat ada indikasi yang membuat pasar otomotif terutama commercial vehicle akan membaik tahun depan, feeling saya masih stabil seperti tahun ini," kata Rahmat dalam keterangannya, Selasa (19/11).
Sementara itu, Planning & Communication Division Head PT Astra Daihatsu Motor Elvina Afny juga mengatakan, segmen komersial industri otomotif nasional tengah melambat, sebagai dampak dari penurunan harga komoditas di pasar internasional.
"Hal itu berpengaruh ke demand (kendaraan) transportasi (yang) menurun, permintaan kendaraan pick up juga turun," kata Elvina dalam kesempatan yang sama.
Merujuk pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), angka penjualan mobil sepanjang Januari hingga September 2019 mencapai 758.413 unit.
Jumlah ini jauh menurun dari tahun sebelumnya yang bisa menembus 1.152.789 unit.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: