INDOZONE.ID - QJMotor SRV 250 AMT punya teknologi transmisi unik yang menggabungkan matik dengan sensasi perpindahan gigi manual.
Indozone berkesempatan mencoba motor cruiser ini pada akhir Februari 2025, dan merasakan langsung bagaimana teknologi Automated Manual Transmission (AMT) bekerja.
Pengalaman pertama mengendarai SRV 250 AMT terasa membingungkan.
Saat menarik gas, motor melaju seperti skutik. Ternyata, perpindahan gigi terjadi ketika putaran mesin sudah mendekati batasnya, memberikan sensasi akselerasi yang agresif.
Hal yang cukup mencolok adalah hentakan saat perpindahan gigi, terutama ketika mencapai kecepatan puncak.
Baca Juga: Jajal 4 Model Motor QJMotor, Mana yang Paling Menarik?
Motor terasa maju-mundur sejenak akibat jeda perpindahan.
Bagi yang belum terbiasa, ini bisa terasa kurang nyaman, tapi bagi pecinta motor dengan karakter bertenaga, sensasi ini bisa jadi daya tarik tersendiri.
Jika perpindahan gigi bisa dibuat lebih halus, tentu pengalaman berkendara akan semakin menyenangkan.
Dalam kondisi lalu lintas macet, AMT terbukti cukup membantu.
Pengendara tak perlu sering menarik tuas kopling, membuat perjalanan lebih nyaman.
Namun, jika ingin merasakan kendali penuh, mode manual bisa diaktifkan dengan satu tombol.
Saat mode manual bekerja mirip quick shifter. Perpindahan gigi naik tanpa kopling. Shifter berada di dekat handle kiri.
Tampilan Manis, Suara Gahar
Dari segi desain, SRV 250 AMT tampil khas cruiser dengan bodi bongsor dan posisi berkendara yang nyaman.
Garis bodinya mengalir elegan, memberikan kesan klasik yang tetap modern.
Di sisi lain, knalpotnya menghadirkan suara khas V-twin yang menggelegar, menambah karakter motor ini di jalanan.
Panel instrumen digital yang digunakan juga cukup informatif. Layar menampilkan berbagai indikator penting dengan tampilan yang mudah dibaca.
Kombinasi teknologi dan tampilan klasik ini menjadikan SRV 250 AMT menarik bagi mereka yang ingin tampil beda.
Spesifikasi QJMotor SRV 250 AMT
- Mesin: 2-silinder V-Twin, 4V SOHC, berpendingin cair
- Kapasitas: 249cc
- Daya Maksimum: 20,5 kW @ 9.000 RPM
- Torsi Maksimum: 23,0 Nm @ 8.000 RPM
- Sistem Bahan Bakar: EFI
- Transmisi: 6-percepatan AMT, rantai
- Suspensi Depan: Teleskopik upside-down
- Suspensi Belakang: Teleskopik dengan peredam oli
- Rem Depan: Cakram 280 mm (ABS)
- Rem Belakang: Cakram 240 mm (ABS)
- Bobot: 167 kg
- Kapasitas Tangki: 13,5 liter
Harga QJMotor SRV 250 AMT: Rp59.990.000 (OTR Jakarta).
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Liputan, QJMotor Indonesia