INDOZONE.ID - Mengemudi mobil manual di tanjakan bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika harus berhenti secara mendadak. Situasi seperti ini kerap memicu kepanikan, apalagi bagi pengemudi pemula.
Mobil yang berhenti di tanjakan berisiko mundur, tergelincir, atau bahkan menimbulkan kecelakaan jika tidak ditangani dengan benar. Namun, jangan khawatir! Dengan memahami teknik yang tepat, kamu bisa tetap aman dan tenang saat menghadapi kondisi ini..
Untuk itu, penting bagi setiap pengemudi untuk mempelajari cara-cara aman menghadapi situasi darurat di tanjakan. Berikut adalah lima langkah yang dapat kamu lakukan agar tetap aman dan percaya diri ketika mobil manual harus berhenti mendadak di tanjakan:
Ilustrasi rem tangan. (Freepik/Yanalya)
Saat berhenti mendadak di tanjakan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera menarik rem tangan. Rem tangan berfungsi untuk menjaga mobil tetap pada posisinya dan mencegahnya mundur.
Dengan menggunakan rem tangan, kamu tidak perlu khawatir mobil akan tergelincir, sehingga kamu memiliki waktu untuk mengatur ulang posisi kaki di pedal gas dan kopling.
Setelah rem tangan diaktifkan, kamu bisa perlahan melepas kopling dan mulai menekan pedal gas. Ketika mobil mulai bergerak maju, lepaskan rem tangan secara perlahan. Teknik ini sangat efektif untuk pemula yang masih belum terbiasa dengan perpaduan kopling dan gas.
Teknik setengah kopling adalah keterampilan penting yang harus dikuasai oleh setiap pengemudi mobil manual. Saat berhenti mendadak di tanjakan, gunakan kaki kiri untuk menekan kopling hingga setengah, sementara kaki kanan menekan pedal gas secara perlahan.
Baca Juga: Jangan Panik! Ini 8 Tips Nyetir Mobil Manual di Tanjakan Untuk Pemula!
Teknik ini membantu menjaga mesin tetap hidup dan memberikan daya dorong yang cukup untuk melanjutkan perjalanan. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan setengah kopling terlalu lama dapat menyebabkan kampas kopling cepat aus.
Oleh karena itu, gunakan teknik ini hanya ketika diperlukan dan segera lepaskan kopling sepenuhnya setelah mobil bergerak maju. Dengan latihan yang cukup, kamu akan semakin terbiasa mengatur keseimbangan antara kopling dan gas.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Auto 2000