INDOZONE.ID - Mengemudi di jalanan menanjak atau tanjakan seringkali menjadi tantangan tersendiri, terutama bagi pengemudi yang belum terbiasa. Tanjakan yang curam, jalanan yang licin, dan kondisi kendaraan yang tidak optimal bisa meningkatkan risiko kecelakaan.
Tidak sedikit pengemudi yang melakukan kesalahan fatal di tanjakan yang akhirnya berujung pada kecelakaan serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kesalahan fatal pengemudi di tanjakan agar kamu bisa menghindarinya dan tetap aman selama berkendara.
Berikut ini adalah 5 kesalahan fatal pengemudi di tanjakan yang berisiko tinggi dan yang perlu kamu hindari untuk menjaga keselamatan di jalan.
Salah satu kesalahan paling umum yang sering dilakukan pengemudi di tanjakan adalah menggunakan gigi yang salah. Banyak pengemudi yang masih sering menggunakan gigi rendah (misalnya gigi 1 atau 2) saat menanjak, padahal seharusnya mereka mengubah gigi ke posisi yang lebih tinggi agar mesin tetap dalam performa optimal dan kendaraan bisa bergerak dengan lancar.
Jika kamu menggunakan gigi terlalu rendah, mesin mobil akan bekerja terlalu keras, dan kendaraan mungkin akan kehilangan tenaga, sehingga sulit untuk melanjutkan perjalanan di tanjakan curam. Di sisi lain, jika kamu menggunakan gigi terlalu tinggi, kendaraan bisa kehilangan traksi dan akhirnya mundur.
Solusinya adalah untuk selalu memeriksa posisi gigi dan sesuaikan dengan kondisi medan. Biasanya, gigi 2 atau 3 adalah pilihan yang lebih baik untuk tanjakan yang tidak terlalu curam, sementara untuk tanjakan curam, lebih baik menggunakan gigi rendah seperti gigi 1 agar kendaraan bisa naik dengan lancar tanpa kehilangan daya.
Ilustrasi Pedal Gas dan Rem Mobil Matic
Menginjak rem terlalu lama atau terlalu keras di tanjakan adalah salah satu kesalahan fatal yang sering terjadi, terutama saat mobil mulai kesulitan mendaki atau saat pengemudi merasa mobil akan mundur.
Baca Juga: Jangan Panik! Ini 5 Cara Nyetir Mobil di Tanjakan Macet yang Harus Kamu Pahami!
Menginjak rem terus-menerus justru bisa menyebabkan mobil kehilangan tenaga dan akhirnya tergelincir mundur. Saat berada di tanjakan, terutama yang cukup curam, sebaiknya kamu menggunakan teknik rem tangan (handbrake) untuk menahan mobil.
Caranya adalah dengan menginjak rem tangan saat mobil berhenti, lalu lepaskan secara perlahan sambil menekan pedal gas secara halus untuk mulai mendaki. Teknik ini akan memberi kamu kontrol yang lebih baik dan mengurangi risiko mobil mundur.
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Auto 2000