Rabu, 21 MEI 2025 • 11:40 WIB

5 Alasan Toyota Kijang Innova Reborn Diesel Sering Dijadikan 'Cumi Darat', Beneran Kencang?

Author

Ilustrasi Toyota Kijang Innova

INDOZONE.ID - Di dunia otomotif Indonesia, ada satu fenomena unik yang cukup populer di yaitu ramainya Innova Reborn Diesel yang dimodifikasi menjadi 'cumi darat'.

Buat yang belum tahu, istilah 'cumi darat' ini merujuk pada mobil yang berperforma tinggi, kencang, tapi tampilannya tetap kalem seperti mobil keluarga.

Nah, Toyota Kijang Innova Reborn Diesel sering banget jadi pilihan utama buat dijadikan cumi darat.

Di balik tampilannya yang kalem, mobil ini punya potensi performa yang bikin banyak orang geleng kepala.

Yuk, simak 5 alasan kenapa Toyota Kijang Innova Reborn Diesel sering dijadikan 'cumi darat' dan apakah memang beneran kencang!

Kenapa Innova Reborn Diesel Sering Jadi Bahan 'Cumi Darat'?

1. Mesin Diesel 2GD-FTV Bertenaga dan Mudah Di-upgrade

Ilustrasi Mesin Diesel

Salah satu alasan utama kenapa Innova Reborn Diesel sering jadi andalan para penggemar kecepatan adalah, mesin 2GD-FTV 2.4L turbo diesel-nya.

Mesin ini secara bawaan sudah menghasilkan tenaga sekitar 149 PS, dan torsi 360 Nm (MT) atau 400 Nm (AT).

Baca Juga: 5 Keunggulan Mesin Toyota Fortuner Diesel, Gampang Dioprek dan Dibuat Jadi Cumi-cumi Darat?

Tapi yang bikin menarik, mesin ini mudah banget untuk di-upgrade dengan cara yang simpel, seperti remap ECU, pasang intercooler besar, atau ganti turbo.

Setelah dioprek, performanya bisa tembus di atas 200 PS, dan torsi mendekati 500 Nm. Nggak heran kalau banyak yang bilang Innova Reborn Diesel versi modif bisa 'ngisep' sedan turbo atau mobil sport di jalanan.

2. Tampilannya Kalem, Nggak Ketahuan Kencang

Toyota Innova Reborn bensin menjadi salah satu pilihan mobil keluarga terbaik saat ini.

Secara tampilan, Innova Reborn Diesel memang mobil keluarga banget. Desainnya besar, kalem, dan tidak menunjukkan kesan sporty sama sekali.

Justru ini yang jadi daya tariknya. Mobil tersebut jadi 'sleeper' sejati, karena lawan di jalan nggak bakal nyangka kalau mobil ini bisa ngebut segila itu.

Baca Juga:  5 Mobil Keluarga Terlaris April 2025: Toyota Innova dan Avanza Masih Nyaman di Posisi Teratas

Dengan body besar dan tampilan standar pabrikan, Innova Reborn Diesel bisa menyamarkan kemampuan aslinya. Cocok banget buat kamu yang suka performa tapi nggak suka pamer.

3. Sasis dan Kaki-kaki Tangguh, Siap Digeber

Ilustrasi Suspensi Mobil

Innova Reborn dibangun dengan platform ladder frame yang juga dipakai oleh Toyota Hilux dan Fortuner.

Ini artinya, sasisnya tangguh banget, dan suspensinya cukup kokoh buat menahan beban dan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Berapa Harga Toyota Land Cruiser Terbaru Tahun 2025? SUV Super Gagah dan Tetap Mewah!

Jadi ketika mesin sudah di-upgrade, kaki-kakinya masih bisa mengimbangi. Apalagi, kalau disempurnakan dengan upgrade suspensi aftermarket.

Ini jadi alasan kenapa banyak modifikator memilih Innova Reborn Diesel, karena selain mesinnya mumpuni, struktur rangka mobil ini juga siap diajak ngebut.

4. Potensi Modifikasi Tak Terbatas

Salah satu penyebab utama dari rem blong adalah kurangnya perhatian dan perawatan yang diberikan oleh pemilik kendaraan. (freepik.com)

Buat kamu yang doyan modifikasi, Innova Reborn Diesel adalah 'kanvas kosong' yang siap dijadikan masterpiece.

Mulai dari remap ECU, ganti turbo, upgrade sistem bahan bakar, hingga pasang exhaust racing, semuanya bisa dilakukan dengan mudah. Suku cadang dan part performa juga banyak beredar di pasaran, baik lokal maupun impor.

Baca Juga: 5 Kelebihan Toyota Innova V Luxury Diesel Tahun 2014: Mobil Nyaman dan Mewah Sampai Sekarang!

Yang paling seru, komunitasnya aktif banget, jadi kamu nggak sendirian. Sharing ilmu modif, rekomendasi bengkel spesialis, dan tips remap banyak tersedia di forum dan grup otomotif.

5. Torsi Gede, Akselerasinya Bikin Nagih

Ilustrasi Toyota Kijang Innova

Kalau kamu belum pernah nyoba naik Innova Reborn Diesel modifan, mungkin kamu belum tahu betapa brutalnya torsi mobil ini saat digeber. Bahkan, dalam kondisi standar saja, torsi 360–400 Nm sudah terasa buas di putaran bawah.

Begitu ECU dirombak dan turbo diganti, rasa dorongannya bisa bikin penumpang 'nempel' di jok.

Karakter mesin diesel turbo dengan torsi melimpah ini, yang bikin mobil tersebut sering disulap jadi monster jalanan. Padahal, tetap nyaman dipakai harian.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Auto 2000