Ilustrasi jual beli mobil. (Freepik).
INDOZONE.ID – Generasi Z mendominasi untuk pembelian mobil di Indonesia pada tahun lalu.
Berdasarkan data dari Seva, platform perdagangan digital mobil baru dan bekas dari Astra, 75 persen konsumennya di 2024 berasal dari kelompok usia ini.
Kepercayaan Gen Z dalam membeli kendaraan secara online semakin meningkat, seiring dengan perkembangan teknologi dan akses informasi yang lebih luas.
Meski kondisi industri otomotif di 2024 tidak sekuat tahun-tahun sebelumnya, Seva tetap mencatatkan performa positif.
“Seva di tahun lalu masih dapat membukukan performa cukup baik dengan pertumbuhan sekitar 17 persen dibandingkan tahun 2023. Tahun lalu terdapat 17.500 Berita Serah Terima Kendaraan (BTSK) dengan gross transaction value mencapai Rp8,2 triliun,” kata Product and Growth Division Head Seva, David Thamrin, Kamis (6/3/2024).
Baca Juga: Jangan Disepelein, Ini 5 Dampak Buruk Mesin Mobil Jarang Tuneup yang Perlu Kamu Ketahui!
Kepercayaan konsumen terhadap pembelian kendaraan secara online menjadi faktor utama di balik pertumbuhan ini.
Berdasarkan sisi demografi, 65 persen pembeli di Seva adalah laki-laki, sementara 35 persen perempuan.
Mayoritas konsumen berasal dari kalangan karyawan swasta (47 persen) dan wirausaha (33 persen).
Model kendaraan yang paling banyak dibeli di Seva masih didominasi oleh segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang dikenal ekonomis dan efisien.
Lima mobil terlaris di Seva sepanjang 2024 adalah:
1. Daihatsu Sigra
Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi
Sumber: Liputan