Selasa, 25 FEBRUARI 2025 • 13:15 WIB

Bukan CVT, Ini Transmisi Suzuki XL7 Terbaru yang Harus Kamu Ketahui: Lebih Awet?

Author

Suzuki XL7 (PT SIS)

INDOZONE.ID - Suzuki XL7 terbaru hadir dengan berbagai peningkatan, termasuk dalam hal transmisi yang digunakannya. Banyak yang mungkin mengira bahwa Suzuki XL7 menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) seperti banyak kendaraan modern lainnya.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah Suzuki XL7 terbaru tidak menggunakan CVT, melainkan transmisi 4-percepatan otomatis yang dipadukan dengan mesin bertenaga.

Pernah mendengar transmisi otomatis 4-percepatan? Apa saja keunggulannya dibandingkan dengan CVT? Apakah transmisi ini lebih awet atau tidak? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Transmisi 4-Percepatan Otomatis pada Suzuki XL7 Terbaru

Transmisi AT konvensional di Suzuki XL7 Hybrid terbaru.

Pada Suzuki XL7 terbaru, transmisi otomatis 4-percepatan dipilih untuk memberikan perpindahan gigi yang responsif dan smooth.

Meskipun CVT lebih populer di beberapa mobil modern, transmisi 4-percepatan memiliki keunggulannya sendiri yang sangat cocok dengan karakter kendaraan seperti XL7.

Baca Juga: Perbedaan Suzuki New XL7 Zeta, Beta dan Alpha Serta Harga Terbaru 2024 

Mesin Suzuki XL7 terbaru dilengkapi dengan mesin K15B 1.462 cc yang bertenaga 104 PS dan torsi 138 Nm, cocok untuk pengemudi yang menginginkan keseimbangan antara performa dan efisiensi.

Kombinasi mesin ini dengan transmisi 4-percepatan memberikan kenyamanan berkendara, terutama dalam perjalanan sehari-hari di perkotaan maupun perjalanan jarak jauh.

Keunggulan Transmisi 4-Percepatan pada Suzuki XL7

 

1. Durabilitas dan Ketahanan Lebih Tinggi

Suzuki New XL7 Hybrid

Salah satu keunggulan utama dari transmisi 4-percepatan adalah ketahanannya yang lebih baik dalam jangka panjang.

Dibandingkan dengan CVT, transmisi otomatis 4-percepatan umumnya lebih awet karena lebih sedikit komponen yang rentan terhadap kerusakan.

CVT menggunakan sabuk atau rantai yang dapat aus seiring waktu, sedangkan pada transmisi 4-percepatan, komponen seperti kopling dan roda gigi cenderung lebih tahan lama dengan pemeliharaan yang tepat.

Untuk mobil yang digunakan dalam kondisi sehari-hari, transmisi 4-percepatan cenderung lebih tahan banting dan lebih jarang mengalami masalah dibandingkan CVT, yang sering membutuhkan penggantian oli atau perawatan lebih intensif.

 

2. Perpindahan Gigi yang Lebih Cepat dan Responsif

Transmisi AT konvensional di Suzuki XL7 Hybrid terbaru.

Transmisi 4-percepatan pada Suzuki XL7 memberikan perpindahan gigi yang lebih langsung dan responsif.

Pengemudi dapat merasakan perpindahan gigi yang lebih terasa dan terkontrol, terutama saat akselerasi atau saat menghadapi tanjakan.

Baca Juga: Muat Untuk Keluarga, Segini Harga Suzuki XL-7 Bekas yang Harus Kamu Ketahui! 

Dalam situasi seperti ini, transmisi 4-percepatan sering kali lebih responsif daripada CVT yang terkadang terasa "terlalu halus" atau tidak terasa perpindahan giginya.

Jika kamu suka pengalaman berkendara yang sedikit lebih "tradisional" dengan rasa kontrol yang jelas, transmisi ini sangat cocok.

 

3. Perawatannya Mudah dan Terjangkau

Salah satu penyebab utama dari rem blong adalah kurangnya perhatian dan perawatan yang diberikan oleh pemilik kendaraan. (freepik.com)

Transmisi otomatis 4-percepatan pada Suzuki XL7 juga lebih mudah dalam hal perawatan dan biaya pemeliharaan.

Dibandingkan dengan CVT yang membutuhkan perawatan lebih khusus, transmisi 4-percepatan relatif lebih murah dan lebih mudah diperbaiki jika terjadi masalah.

Baca Juga: 5 Kelebihan Suzuki XL-7 Zeta Manual Terbaru 2025, SUV Bergaya Crossover yang Nyaman Banget! 

Ini tentu memberikan keuntungan bagi pemilik Suzuki XL7 yang ingin meminimalkan biaya pemeliharaan dalam jangka panjang.

Komponen transmisi yang lebih sederhana juga berarti penggantian oli transmisi dan perawatan lainnya bisa lebih terjangkau dan tidak memerlukan perhatian khusus seperti pada sistem CVT.

 

4. Performa Terbaik untuk Berkendara di Berbagai Kondisi

Ilustrasi model Suzuki XL7. (Dok. Suzuki).

Transmisi 4-percepatan otomatis sangat cocok untuk penggunaan Suzuki XL7 yang sering digunakan untuk keluarga dan perjalanan jauh.

Transmisi ini menawarkan performa yang lebih stabil dan konsisten, terutama pada kecepatan tinggi atau saat mobil dipenuhi penumpang dan barang bawaan.

Baca Juga: Suzuki APV Terbaru Masih Dipamerkan di IIMS 2025, Berapa Harganya? 

Meskipun CVT menawarkan perpindahan gigi yang mulus dan efisien, transmisi 4-percepatan memiliki keunggulan saat berbicara soal performa di medan yang bervariasi.

Kamu dapat merasakan stabilitas dan daya cengkram mesin yang lebih kuat saat melaju di jalanan menanjak atau bermanuver di jalan berliku, yang memberikan rasa percaya diri lebih saat berkendara.

 

5. Efisiensi Bahan Bakar yang Optimal

Illustrasi proses pengisian BBM

Transmisi 4-percepatan pada Suzuki XL7 juga cukup efisien dalam hal konsumsi bahan bakar.

Meskipun transmisi CVT dikenal memiliki kelebihan dalam hal efisiensi bahan bakar, transmisi 4-percepatan pada XL7 mampu memberikan keseimbangan yang baik antara performa dan konsumsi bahan bakar.

Transmisi ini tidak membuat mesin bekerja terlalu keras saat melaju pada kecepatan rendah atau saat berakselerasi, menjaga efisiensi bahan bakar tetap optimal.

Dilarang mengambil dan/atau menayangkan ulang sebagian atau keseluruhan artikel di atas untuk konten akun media sosial komersil tanpa seizin redaksi

Sumber: Suzuki.co.id